Pengertian Front Office Department
Front Office Department adalah suatu bagian depan dari suatu hotel,
sbg penjual kamar dan sering disebut sebagai selling room. Dalam
proses penjualan seorang front office harus dibantu oleh bagian tata graha.
Dalam hubungan kerja tata graha bertindak sebagai pengemasan kamar. Front
office juga dikenal sebagai the first and
the last impression of the guest. Artinya bagian inilah yang pertama dan
terakhir dari tamu. Tamu akan datang ke hotel akan regestrasi dulu ke bagian
front office dan pada waktu akan check out pun tamu juga berhubungan dengan
staf dari front office. Jadi sudah sewajarnya jika kesan yang mendalam akan
tercipta di bagian front office.
Front office juga merupakan pusat informasi dan juga hampir segala kegiatan tamu seperti penerimaan dan pengiriman surat pengurusan barang, pembayaran rekening hotel, mengenai kehilangan barang, menampung keluhan tamu dan juga tempat segala pemberian informasi baik dalam hotel maupun luar hotel.
Kantor Depan adalah cermin dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu
saat memasuki suatu Hotel, untuk itu kesiapan, kesigapan, ketepatan serta
kemampuan semua karyawan di bagian kantor depan dalam menjalankan fungsi tugas
dan tanggung jawabnya sangatlah menentukan dalam memberikan impresi baik maupun
kurang baik atau buruk pada para tamu Hotel sebelum para tamu tersebut
mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang lainnya saat mereka datang untuk
menginap maupun tidak di suatu Hotel. Kantor depan hotel (front office) secara
operasional berhubungan dengan tamu dan area kerjanya tidak jauh dari lobby,
daerah yang paling ramai hilir mudik tamunya, oleh sebab itu bagian ini disebut
dengan bagian front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari
hotel yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh
hotel. Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut:
1.
Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan
hotel dari tahun ke tahun
2.
Meningkatkan jumlah tamu langganan
3.
Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik,
tepat dan cepat kepada tamu
4.
Membentuk citra hotel yang positif Kantor depan hotel
memiliki fungsi dalam mewujudkan tujuan dari hotel, fungsi tersebut dilakukan
oleh petugas kantor depan sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah:
a)
Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain, menerima
pemesanan kamar, melakukan pendaftaran tamu, memblok kamar
b)
Memberikan informasi mengenai seluruh produk,
fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang ada di hotel maupun diluar hotel
c)
Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait
dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal
d)
Melaporkan status kamar yang terkini
e)
Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani
rekening tamu
f)
Membuat laporan yang dibutuhan oleh hotel
g)
Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu
h)
Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
i)
Menyelesaikan keluhan tamu
Selain mempunyai fungsi yang penting, front office juga berperan penting dalam hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel dan pendapatan yang maksimal. Peranan itu antara lain:
1.
Pemberi informasi
Petugas kantor
depan diharapkan mampu memberikan informasi yang jelas, benar dan cepat tentang
produk, fasilitas, aktivitas, pelayanan yang ada di hotel maupun di luar hotel,
informasi yang diberikan tidak hanya terbatas untuk tamu tetapi informasi yang
dibutuhkan oleh kolega/teman sejawat lainnya.
2.
Penjual (sales person)
Petugas kantor
depan diharuskan mempunyai jiwa menjual, selain dikarenakan fungsi utama
menjual produk hotel, bagian ini adalah bagian yang sering berhubungan langsung
dengan tamu hotel.
3.
Wakil manajemen
Petugas kantor
depan dalam keadaan tertentu dapat berperan sebagai wakil manajemen untuk
mengatasi/menyelesaikan masalah yang timbul di luar jam kerja manajemen.
4.
Penyimpan data
Sumber data
kegiatan hotel banyak berasal dari laporan yang dibuat oleh petugas kantor
depan dan penyimpanan data tersebut juga di bagian kantor depan, oleh sebab itu
data yang dibuat dan disimpan harus selalu terkini, sehingga manajemen dapat
membuat keputusan dan kebijakan yang tepat untuk masa yang akan datang
5.
Diplomatis
Petugas kantor
depan pada situasi dan kondisi tertentu diharapkan mampu melakukan tindakan
secara diplomatis sehingga dapat menjaga hubungan yang baik dengan tamu dan
pihak lain.
6.
Pemecah masalah
Petugas kantor
depan diharapkan dapat memecahkan masalah yang dialami oleh tamu, tak
terkecuali masalah yang berasal dari bagian lain.
7.
Humas
Petugas kantor
depan berperan secara baik, aktif dalam berhubungan dengan tamu dan masyarakat
sekitar agar terjadi hubungan yang harmonis dan berdampak pada pembentukan
citra hotel yang baik.
Area kerja Front Office Manager
meliputi front office area, executive floor, dan business center. Ringkasan
pekerjaan Front Office Manager
adalah menciptakan kepuasan tamu dan memberi kesan positif bagi tamu di area
kerjanya untuk dilaporkan kepada General Manager.
Tugas pokok Front Office Manager
:
1.
Menyeleksi, menempatkan, melatih dan mengevaluasi
karyawan front office.
2.
Memastikan bahwa semua staff di front office menguasai
system komputer hotel, etika menerima telepon dan standard operasional yang ada
di hotel.
3.
Menjaga keharmonisan kerja dengan penjualan dan
pemasaran tentang harga kamar
4.
Menyambut tamu
VIP
5.
Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diselesaikan
oleh bawahannya
6.
Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu, tingkat
hunian maupun untung/rugi di bagian kantor depan
7.
Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan
memberikan peringatan dan sanksi bagi yang melanggar ketentuan.
8.
Meningkatkan kualitas dan prestasi karyawan yang
berprestasi dengan memberikan penghargaan
9.
Membuat budget tahunan, menganalisis operasi dan
pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan, rata-rata harga kamar
b)
Deskripsi pekerjaan
Assistant Front Office Manager
Area kerja Assistant Front Office Manager meliputi front office, executive floor, business center.
Ringkasan pekerjaan Assistant Front Office Manager adalah membantu kelancaran tugas di front office dan menggantikan front office manager ketika berhalangan dan mengkordinir beberapa tugas sesuai dengan deskripsi pekerjaannya
Atasan langsung Assistant Front
Office Manager adalah Front Office Manager.
Tugas pokok Assistant Front Office
Manager :
1.
Membantu pekerjaan Front Office Manager dalam hal
kontrol dan administrasi.
2.
Membuat jadual kerja Duty Manager,Receptionist,
Telephone Operator, GRO dan concierge.
3.
Memantau operasional di front office
4.
Mengarahkan dan mengawasi terhadap pekerjaan reception
dan concierge.
5.
Memimpin briefing pada waktu shift malam.
6.
Terjun ke operasional hotel pada saat ramai tamu
7.
Menghadiri briefing pagi manajemen hotel, mewakili
Front Office Manager jika berhalangan hadir.
8.
Menangani keperluan tamu yang membutuhkan bantuan.
c)
Secretary
Sekretaris bertanggung jawab kepada manager
kantor depan. Ia bertugas untuk membantu manager kantor depan dalam urusan
administrasi. Selain menerima telepon dan menerima tamu pimpinan, sekretaris
bertanggung jawab atas kerapian dan kebersihan ruang manager kantor depan.
d)
Chief uniformed service
Ia bertugas untuk mengawasi dan mengatur
koordinasi dan pelayanan kepentingan tamu. Selain bertanggung jawab atas
bellboy, doorman, dan doorkeeper, chief uniformed service bertanggung jawab
atas kelancaran pelayanan barang tamu dan barang yang disimpan sementara atau
lama. Tugas lain adalah pembuatan laporan harian.
Tugas pokok Chief Concierge
:
1.
Memastikan bahwa semua staff di bagian concierge
mendapatkan training tentang hotel sistem, etiket bertelepon, standar penampilan
serta filosofi hotel.
2.
Memberikan training ke staff tentang: prosedur
penanganan barang bawaan untuk tamu VIP dan rombongan,serta penanganan keluhan
tamu
3.
Mengimplementasikan visi dan misi perusahaan
4.
Menyediakan peta kota, pengaturan reservasi tiket
pesawat dan angkutan darat serta laut, sebagai penyedia informasi tentang
aktivitas rekreasi, sosial dan keagamaan.
5.
Memastikan bahwa sarana komunikasi yang berupa papan
informasi sign board) di lobby selalu benar dan akurat.
e)
Deskripsi pekerjaan
Receptionist
Area kerja Receptionist ialah front
desk. Pekerjaan Receptionist yaitu menangani
registrasi tamu, memberikan pelayanan sebelum tamu menginap serta menangani
check-out tamu beserta pembayarannya.Tugas pokok Receptionist/ Front Desk Agent (FDA) :
1.
Menyambut tamu yang datang di front desk dengan ramah
dan sopan.
2.
Melakukan pendaftaran tamu
3.
Mencatat uang deposit tamu untuk menginap
4.
Menangani tamu check-out
5.
Melayani penukaran mata uang asing ke mata uang lokal
6.
Memasukkan tamu yang sudah check-in dalam satu laporan
harian.
7.
Menghitung dan bertanggung jawab atas uang transaksi
selama staff tersebut bertugas pada hari tersebut.
f)
Deskripsi pekerjaan Guest
Relations Officer
Area kerja Guest Relations Officer meliputi lobby, front office, executive lounge, kamar tamu.
Pekerjaan Guest Relations Officer
yaitu mengantarkan tamu dan memberikan layanan informasi dan bantuan
keperluan tamu selama tinggal di hotel. Selain itu ia bertugas mengatur dan
mengoordinasi para guest relations officer, menyelesaikan masalah-masalah tamu,
keluhan dan membantu yang perlu informasi, tiket, tur, dan acara lainnya.
Tugas pokok Guest Relations Officer
:
1.
Memantau tamu VIP yang menginap, datang dan berangkat
2.
Memberikan informasi tentang hotel kepada tamu dan
pengunjung
3.
Beramahtamah dengan tamu langganan, tamu yang menginap
di lantai eksekutif dan VIP pada saat kedatangan
4.
Beramah tamah dengan tamu yang baru pertama kali
datang & tamu yang menginap untuk jangka waktu yang lama(long staying
guest)
5.
Membuat kartu ucapan selamat datang(welcome card)
untuk tamu
6.
Menyambut tamu VIP di lobby
7.
Mengantar tamu VIP dan menjelaskan kamar yang akan
ditempati tamu sambil membawakan kunci kamar.
g)
Deskripsi pekerjaan telepon
Operator
Ringkasan pekerjaan telepon
Operator yaitu Melaksanakan pengelolaan pelayanaan telepon/faxcimille
dengan berpedoman kepada kebijakan teknis yang telah ditetapkan oleh manajemen.
Atasan langsung telepon Operator
ialah Front Office Supervisor
Tugas Pokok telepon Operator
:
1.
Menjawab telepon yang masuk baik dari internal maupun
external mentransfer langsung ke setiap extension yang dituju.
2.
Melayani menyambungkan telepon baik dari tamu atau
dari departemen
3.
Memeriksa bill telepon dan menyerahkannya langsung ke
FO Cashier
4.
Menangani pelayanan ”Incoming dan Outgoing”faxcimille
dan langsung membuat bill tersebut
5.
Menerima dan mendistribusikan pesan untuk tamu dan
departemen lain
6.
Mencocokan print out rekening telepon tamu dengan FO
cashier pada setiap akhir shift
7.
Menangani permintaan tamu kamar untuk mem-blokir line
teleponnya (incognito)
8.
Menjaga hubungan baik dengan tamu, rekan kerja dan
departemen lain.
h)
Chief information
Selain bertanggung jawab atas information
clerk, ia bertugas memberikan penerangan kepada para tamu serta melengkapi
brosur dan buku informasi.
i)
F.O Casier
F.O Cashier bertanggung jawab atas manager
kantor depan. Ia bertanggung jawab atas kelancaran operasional dan kelancaran
dan administrasi keuangandi kasir kantor depan. Ia bertanggung jawab atas semua
laporan-laporan keuangan di kantor depan
j)
Chief reservation
Bertanggung jawab kepada manager kantor depan.
Ia bertanggung jawab atas kelancaran operasional dan administrasi di bagian
pemesanan kamar. Kepala pemesanan kamar melaporkan secara teratur laporan
harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Selain sebagai pelaksana (reservation
clerk), ia bekerja sama dengan bagian lain.
k) Naight manager
Menangani seluruh masalah operasional di front
office pada malam hari
Pada dasarnya penggunaan peralatan dan jenis formulir di hotel berbeda-beda
tergantung pada sistem operasional yang digunakan, kebutuhan / kegunaan dan
kebijakan hotel tersebut. Semakin canggih sistem operasional hotel, semakin
canggih pula alat yang digunakannya begitu pula pada sistem operasional semi
otomatis, tidak digunakannya komputer, tetapi menggunakan alat bantu sederhana
berupa rak. Pada sistem operasional manual tidak digunakan
peralatan&kecuali telepon dengan jumlah yang terbatas, serta counter reception.
a. Peralatan yang digunakan untuk sistem hotel
semi otomatis.
Front office counter
Counter adalah meja panjang yang digunakan untuk menerima kedatangan tamu
dan tempat menyimpan sebagian peralatan dan perlengkapan kantor depan.
Room rack/rak status kamar
Dalam sistem operasional hotel semi otomatis, room rack berfungsi untuk
mengetahui setiap saat status kamar, room rack ini disusun berdasarkan no kamar
& lantai kamar, untuk mengetahui status kamar maka digunakan kode warna
merah untuk kamar yang occupied (dihuni), serta diberi tanda kertas kecil (room
rack slip/guest slip) yang akan diselipkan pada room rack untuk mengetahui data
tamu yang menginap. Warna kuning menunjukkan kamar yang vacant dirty yang
artinya kamar tersebut kosong dan masih kotor sehinga
belum bisa dijual, warna bening untuk kamar yang bisa dijual atau available room. Status kamar lainnya seperti sleep out, out of order, occupied no luggage akan diberi tanda dengan menyelipkan slip/kertas kecil yang bertuliskan status SO(Sleep out), OOO(Out Of Order),OOS (Out of Service) atau ONL (Occupied No Luggage)
belum bisa dijual, warna bening untuk kamar yang bisa dijual atau available room. Status kamar lainnya seperti sleep out, out of order, occupied no luggage akan diberi tanda dengan menyelipkan slip/kertas kecil yang bertuliskan status SO(Sleep out), OOO(Out Of Order),OOS (Out of Service) atau ONL (Occupied No Luggage)
Information rack
Rak informasi berguna untuk mengetahui nama tamu yang menginap di hotel,
penyusunan rak ini berdasarkan alpabet nama tamu. Ketika ada tamu yang check in
maka akan dibuatkan guest slip yang diselipkan pada room rack dan information
rack. Rak ini biasanya terdapat di bagian telepon operator dan
housekeeping/tata graha.
Reservation rack/rak pemesanan kamar
Rak pemesanan kamar berada di bagian reservasi, rak ini adalah tempat untuk
menempatkan reservation slip, penyusunan rak ini berdasarkan tanggal kedatangan
tamu menginap dihotel serta jenis tamu.
Key and Mail rack/rak kunci kamar dan surat
Rak ini berfungsi untuk menyimpan kunci kamar dan pesan untuk tamu. Key
& mail rack ini sudah jarang ditemukan pada hotel yang besar dan hotel yang
menggunakan sistem komputer. Hal ini dikarenakan jarang digunakannya kunci
pintu kamar manual, tetapi menggunakan kunci yang berbentuk kartu (key
card/ving card) sehingga tidak memerlukan tempat khusus untuk menyimpannya.
Begitu juga untuk penyimpanan surat atau pesan untuk tamu tidak memerlukan
tempat khusus karena setiap ada pesan/surat untuk tamu akan dihubungi ke kamar
atau diantar ke kamar.
b. Peralatan yang digunakan
untuk sistem hotel otomatis/komputer
Komputer
Di jaman yang sudah canggih ini, penggunaan komputer sangat penting karena komputer mempunyai kelebihan dibandingkan dengan sistem manual atau semi otomatis, kelebihannya antara lain data yang ada lebih akurat, waktu penyimpanan data yang lebih lama dan pengaksesan data yang lebih cepat. Sistem operasional hotel komputer yang digunakan banyak jenisnya tergantung pada kebutuhan hotel, seperti contoh banyak hotel yang menggunakan sistem Maxial,Fidelio/Micros, Hotel Pro, Realta, HIS dsb.
Bill rack
Rak untuk menyimpan tagihan tamu beserta supporting
bill (bon pendukung)nya, rak ini disusun berdasarkan nomor kamar tamu.
Safe deposit box
Safe deposit box/kotak tempat menyimpan barang berharga milik tamu seperti:
passpor, dokumen, perhiasan, uang dll. Fasilitas penyimpanan ini tidak
dikenakan biaya jika tamu tersebut menginap dihotel, apabila tidak menginap
dihotel maka akan dikenakan biaya penyewaan yang besarnya tergantung dari
lamanya penyewaan safe deposit box. Safe deposit box ini terletak tidak hanya
di dekat counter Front Office tetapi umumnya juga tersedia didalam kamar.
Paging board
Paging board adalah papan yang digunakan untuk mendapatkan tamu di sekitar
lobby atau di restoran, apabila ada tamu yang mencarinya atau ada sambungan
telepon untuknya, perlengkapan pendukung paging board yaitu bel yang berfungsi
untuk menarik perhatian tamu.
Pigeon Hole
Berguna untuk menyimpan surat/memo untuk internal
hotel, segala surat yang didistribusikan ke bagian kantor depan akan disimpan
di rak ini yang kemudian akan di baca oleh seluruh petugas kantor depan sebagai
informasi terkini
Telephone
Telepon berfungsi sebagai alat komunikasi bagi seluruh staf dalam hal
berkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu.
Fax machine/mesin fax
Fax merupakan salah satu alat komunikasi yang penting digunakan dihotel,
karena pada masa sekarang ini media/alat bisnis yang paling sering digunakan
dan relatif murah adalah dengan meggunakan mesin fax. Fax ini akan menerima
salinan surat yang dikirim oleh si pengirim persis sama dengan surat yang
dibuatnya.
Key drop box
Ketika tamu tidak berada di kamarnya sebaiknya ia menitipkan kunci kamar di
bagian reception untuk menghindari kehilangan serta diketemukannya kunci oleh
orang lain. Key drop box ini berupa kotak yang berada di counter dan diberi
lubang kecil untuk memasukan kunci yang dititipkan.
PABX
PABX (Private Automatic Branch Exchange) adalah alat utama yang digunakan
di bagian operator telepon, alat ini berupa telepon yang terdiri dari
tombol-tombol serta dilengkapi dengan head set dan pengeras suara untuk
menerima sambungan telepon masuk atau melakukan sambungan keluar hotel.
Luggage trolley
Lugagge troley digunakan oleh porter/bellboy yang berfungsi untuk membawa
barang bawaan tamu yang jumlahnya relatif banyak, ada beberapa macam trolley
yang dikenal dengan bellhop, president, gemini.
Key encoder machine
Alat ini berguna untuk
memprogram kunci kamar, cara penggunaan alat ini dengan memasukan
nomor kamar dan masa berlakunya kunci yang biasanya diprogram sampai dengan
tanggal keberangkatannya, alat ini dapat membuat kunci kamar duplikat jika tamu
yang berada di kamar lebih dari satu orang, jenis kunci yang dipergunakannya
adalah unci yang berbentuk kartu yang juga bisa di program beberapa kali untuk
tamu yang berbeda.
Credit card imprinter
Adalah alat untuk mencetak data yang ada di kartu kredit seperti nama tamu,
nomor kartu dan masa berlakunya kartu. Pada era sekarang ini penggunaan alat
ini sudah jarang karena digunakannya electronic
data capture (EDC) machine sebagai pengganti fungsi credit imprinter ini,
namun alat ini digunakan jika jalur/line EDC machine mengalami kerusakan.
EDC (Electronic Data Capture) machine
Berfungsi untuk mencetak kartu kredit tamu, jika pembayaran yang digunakan
kartu kredit. Apabila dana yang diminta hotel disetujui oleh pihak bank dan
bank akan memberikan nomor persetujuan yang akan tertera pada slip/kertas kartu
kredit. Jika bank tidak menyetujui maka akan terlihat tulisan pada display EDC
seperti expired card/kartu sudah tidak berlaku atau do not honour yang disebabkan tagihan kartunya melebihi batas yang
ditentukan oleh bank.
c. Formulir
Penggunakan formulir dibagian kantor depan hotel tidak
harus sama bentuknya di hotel, namun kolom atau data yang ada di dalam formulir
tidak terlalu berbeda, ada formulir yang digunakan di hotel satu namun tidak
digunakan dihotel lainnya, dengan kata lain penggunaan formulir tergantung
kebutuhan hotel masing-masing. Formulir yang umumnya terdapat di bagian kantor
depan:
1. Registration
form
2.
Guest card
3.
Meal coupon
4.
Welcome drink card 100
5.
Guest slip
6.
Cash receipt
7.
Reservation form
8.
Reservation slip
9.
Reservation of confirmation letter
10. Bellboy errand
card
11. Luggage tag
12. Baggage claim
check
13. Parking valet
card
14. Change room or
rate form
15. Sleep out form
16. Bellboy control
sheet
17. Message form
18. Safe deposit
box card
19. Guest history
card
20. Foreign
exchange form
21. VIP daily list
22. Today expected
arrival list
23. Arrival list
24. Guest in house
list
25. Departure list
26. No show list
27. Cancellation
list
28. Group rooming
list
29. Guest Birthday
Form
30. Towels Form
(for Swimming Pool)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar